Rabu, 06 April 2011

Tata surya

1. Tata surya adalah susunan yang terdiri dari matahari sebagai pusat planet2 beserta benda2 langit lain yang bergerak mengelilinginya . matahari merupakan benda langit yang memancarkan cahaya sendiri dan merupakan pusat tata surya . matahari adalah sebuah bintang , matahari terdiri dari gas yang berpijar dan sangat panas . berikut adalah beberapa tentang matahari :
- suhu didekat inti 15.000.000 C
- suhu permukaan 6.000 C
- garis tengah 1.392.000km [ 109 kali garis tengah bumi ]
- jarak dari matahari ke bumi 150 juta km [ 400 kali jarak dari bulan ke bumi ]

2. Benda langit yang memancarkan cahaya sendiri disebut bintang . benda langit yang merupakan pengiring bintang disebut planet . setiap planet mempunyai gaya gravitasi , sehingga planet tidak bergerak menjahu atau mendekat matahari . garis eder atau lintasan planet terbentuk elips . lintasan itu disebut orbit . adanya orbit itu menjadikan setiap planet tidak berbenturan satu sama lain . pengiring planet disebut satelit .

3. Dalam tata surya terdapat sembilan planet . kesembilan planet yang bergerak mengelilingi matahari adalah : merkurius , venus , bumi , mars , yupiter , saturnus . uranus , dan neptunus . planet2 yang lintasan edarnya berada diantara matahari dan bumi disebut planet dalam . planet yang lintasan edarnya berada diluar peredaran bumi disebut planet luar . planet dalam meliputi merkurius , venus .  merkurius planet luar mars yupiter , saturnus , uranus ., neptunus

4. Benda langit - asteroid / planetoid merupakan gugusan ribuan planet berukuran kecil yang mengelilingi matahari pada lintasan tertentu . garis edar adanya antara planet mars dan yupiter . jumlah asteroid yang suda diketahui berjumlah 5.500 buah , yang terbesar bernama ceres. - komet adalah butir - butiran es dan batuan yang membentuk bola besar . komet memiliki cahaya sendiri dan juga memantulkan cahaya matahari . komet merupakan benda  langit yang berekor . - meteor , meteorit dan meteoroid .meteoroid adalah benda - benda langit berukuran kecil yang bergerak benas diangkasa dengan kecepatan tinggih tanpa mempunyai lintasan tertentu . meteor disebut juga bintang jatuh atau bintang beralih . meteoroit yang sangat besar dan jatuh ke bumi dapat menimbulkan kawah meteor .
nur afni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar